Senin, 25 Oktober 2010

KONFIGURASI INTER NETWORK

Inter Jaringan

Banyak dari peripheral yang digunakan bersama dengan komputer yang costly.When kita menghubungkan komputer menggunakan banyak, kita harus menghubungkan banyak peripherals.This beban sangat besar. Masalah ini dipecahkan dengan jaringan. Misalkan hanya ada printer dengan komputer A. Jika kita ingin mencetak data dari komputer B, yang saling berhubungan dengan komputer A. Ketika kita memberikan perintah cetak ke komputer B, ia mengirimkan perintah cetak bersama dengan data ke komputer A. Jadi kita cetak melalui komputer A.
Kita dapat menghubungkan satu komputer ke internet melalui saluran telepon dan komputer lain terhubung melalui jaringan, berbagi layanan internet yang tersedia di komputer yang memiliki koneksi internet.
Jaringan lokal ini digunakan untuk menghubungkan simpul yang berada di daerah yang tidak terlalu jauh seperti dalam suatu ruangan atau suatu area denagn radius 100m – 2 Km, tergantung jenis penghubung yang digunakan. Jaringan lokal ini biasanya digunakan untuk perkantoran atau departemen dalam perusahaan besar yang baru memulai otomatisasi dan pengintergrasian data. Kecepatan transfer data pada jaringan ini sudah relatif tinggi yaitu 1-100 Mbps atau sekitar 125.000 – 125.000.000 karakter per detik sehingga tidak hanya untuk trasfre data teks, tetapi sudah dapat mendukung distribusi data grafis. Pada umumnya pembangunan jaringan lokal ini sangant mudah. Selain karena skala luasan dan jenis peralatanya masih terbatas, periphral dan sistem operasinya tersedia di pasar perangkat komputer. Bilamana tersedia dua buah komputer dengan penambahan Network Interface Card (NIC) pada masing-masing komputer yang kemudian dihubungkan dengan kabel jaringan dan dilakukan instalasi sistem operasi jaringan seperti Network Netware, Windows, Atau Linux, maka sudah jadi sebuah jaringan lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host